Ragam Wisata Kuliner Bintan

Berlibur ke Pulau Bintan rasanya kurang sempurna jika tidak mencoba wisata kuliner Bintan. Pasti Anda akan berpikir bahwa kuliner Bintan akan seputar makanan laut saja karena letaknya yang memang dekat dengan laut. Jangan salah, kuliner di Bintan tak hanya melulu tentang hidangan laut melainkan ada juga makanan lain yang tak kalah enak darinya. Olahannya pun bervariasi ada yang dibakar, direbus, digoreng, semuanya lengkap. Mau rasa asam, pedas, dan manis pun semuanya tersaji di sana. Bahkan ada juga minuman khas Bintan yang sanggup menemani segala aktivitas Anda selama berada di sana.

7 Ragam Wisata Kuliner Bintan
Menikmati keindahan pesona alam Bintan sangat cocok rasanya jika ditemani dengan menyeruput segelas kopi Hawaii khas Bintan. Apalagi jika Anda memang pecinta kopi, maka minuman satu ini jelas wajib dicoba. Meskipun hanya sebuah kopi, pasti ia memiliki cita rasa tersendiri yang mana pada akhirnya membuatnya terkenal di Pulau Bintan. Kurang enak rasanya jika hanya minum kopi saja, mungkin dengan ditemani sepotong roti jala / roti kirai akan melengkapi santapan kuliner Anda. Sangat cocok sekali disantap ketika sedang hujan, atau ketika menjelang malam.

Jika belum kenyang, Anda bisa mencoba wisata kuliner Bintan lainnya yaitu mie lakse. Mie ini terbuat dari tepung sagu dan dilengkapi dengan kuah santan serta beberapa irisan ikan. Namun jika tidak suka santan Anda bisa mencoba untuk mencicipi hidangan mie dengan kuah kacang yaitu mie lendir. Di Bintan, olahan mie tersebut merupakan makanan tradisional penduduk Melayu. Cita rasanya yang khas selalu menjadi makanan favorit penduduk asli Bintan hingga para wisatawan. Tak heran, kedai makanan yang menjual olahan tersebut selalu ramai oleh pengunjung.

Selain itu, wisata kuliner Bintan berikut juga tak kalah enak dari mie lakse maupun lendir. Disebut sebagai gonggong, makanan ini terbuat dari siput laut. Pengolahannya dengan cara direbus dan disantap dengan sambal, dijadikan sate, tumis, dan ada pula yang dijadikan kerupuk. Jajanan lain yang tak kalah populer yaitu otak-otak. Makanan ini dibuat dari beberapa jenis ikan tergantung si pengolah, ada yang membuatnya dari ikan tengiri, ikan merah, atau cumi-cumi. Cara pengolahannya pun cukup unik, yaitu dibungkus dengan daun dan dibakar.


Satu lagi jajanan khas yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bintan yaitu prata. Sebenarnya olahan ini mirip seperti martabak telur, hanya saja prata diisi dengan daging cincang dan disajikan dengan kuah santan. Anda bisa mencocolnya pada kuah, atau prata bisa disiram dengan kuah santan yang ada. Demikian beberapa wisata kuliner Bintan yang wajib dicoba untuk menemani liburan Anda di sana.

salam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket wisata pulau bintan 2017 murah